KELEBIHAN PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA



Pembelajaran matematika secara formal umumnya diawali dibangku sekolah.  Sementara itu, matematika disekolah masih menjadi pelajaran yang menakutkan bagi para siswa. Diantaranya dengan proses pembelajaran yang kurang asyik dan menarik. Model pembelajaran yang sering ditemui pada pembelajaran matematika adalah proses pembelajaran yang berpusat pada guru. Sehingga guru menjadi pemeran utama dan kehadirannya menjadi sangat menentukan dan pembelajaran menjadi tak dapat dilakukan tanpa kehadiran guru. Siswa cenderung pasif dan tidak berperan selama proses pembelajaran. Sehingga proses yang muncul itu hanya memberi dan menerima.
Dalam merangkai pembelajaran guru, pada umumnya terbiasa dengan model standar yaitu pembelajaran yang bermula dari menghapal rumus, kemudian diterapkan dalam contoh soal. Model pembelajaran yang demikian tidak memberi ruang bagi siswa untuk melakukan observasi (mengamati), eksplorasi (menggali), inkuiri (menyelidiki) dan aktifitas-aktifitas lain yang memungkinkan mereka terlibat dan memahami permasalahan yang sesungguhnya. Model seperti ini yang mengakibatkan matematika bak kumpulan rumus yang menyeramkan, sulit dipelajari dan nampak abstrak.
Untuk mengatasi kejenuhan siswa, guru harus memodifikasi cara pembelajaran matematika salah satunya dengan menggunakan Model pembelajaran kooperatif tipe TGT yaitu dengan metode pembelajaran kooperatif yang menempatkan dalam kelompok kecil yang beranggotakan 4 - 5 orang atau 5 - 6 orang yang melibatkan aktivitas seluruh siswa dalam kelompok yang di dalamnya terdapat game, turnamaen akademik untuk memperoleh tambahan poin untuk skor tim. Jadi di dalam model pembelajaran kooperatif tipe TGT ini, dipastikan semua anggota memahami materi yang diberikan, apabila salah satu anggota ada yang belum paham maka tugas anggota yang lain wajib memahamkan anggotanya yang belum paham dan kerja sama kelompok itu yang utama.

Adapun Kelebihan dalam menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT
yaitu :
a.       Lebih meningkatkan pencurahan waktu untuk tugas
b.      Mengedepankan penerimaan terhadap perbedaan individu
c.       Dengan waktu yang sedikit dapat menguasai materi secara mendalam
d.      Proses belajar mengajar berlangsung dengan keaktifan dari siswa
e.       Mendidik siswa untuk berlatih bersosialisasi dengan orang lain
f.       Motivasi belajar lebih tinggi
g.      Hasil belajar lebih baik
h.      Meningkatkan kebaikan budi, kebaikan dan toleransi.

Sehingga manfaat dari model pembelajaran kooperatif tipe TGT adalah dapat menciptakan kondisi yang variatif dalam pembelajaran dan membantu guru menyelesaikan masalah misalnya, pada siswa yang minat belajarnya rendah. Dengan adanya model Pembelajaran kooperatif tipe TGT dapat menciptakan kreativitas dan kerjasama dalam kelompok sehingga pembelajaran di kelas menyenangkan.




Komentar